Kamis, 31 Maret 2011

SILABUS MTK SMP KELAS 7


SILABUS dan SISTEM PENILAIAN BERKESINAMBUNGAN

BILANGAN
Standar Kompetensi                    : 1. Melakukan operasi hitung bilangan serta dapat menggunakannya dalam pemecahan masalah.


Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
1.1     Menyelesaikan operasi bilangan bu-lat dan mengenal sifat operasi bila-ngan bulat.
·     Memberikan contoh bilangan bulat.

·     Menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negative.
·     Menentukan letak bilangan bulat dalam garis bilangan.
·     Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat bilangan bulat termasuk operasi campuran.
·     Menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan negatif dengan negatif dan positif dengan negative.


·     Menghitung kuadrat dan pengkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat

Bilangan bulat
·   Pengertian bilangan bulat.






·   Operasi bilangan bulat.



·   Sifat-sifat perkalian dan pembagian.





·   pemangkatan dan penarikan akar



·   Mengidentifikasi alat-alat dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat.
·   Mendiskripsikan pengertian bila-ngan bulat


·   Mensimulasikan letak bilangan bulat dalam garis bilangan

·   Praktek permainan lompat katak (penjumlahan dan pengurangan)
·   Diskusi aturan minum obat (perkalian)
·   Simulasi (pembangian)

·   Mengamati tabel perkalian , menemukan sifat-sifat perkalian bilangan bulat.
·   Mengidentifikasi sifat-sifat pem-bagian bilangan bulat.
·   Menyelesaikan soal-soal yang melibatkan operasi bilangan bulat

·   Mengidentifikasi konsep kuadrat dan pangkat tiga dengan permodelan (model ubin dan kubus).

·   Menyelesaiakan soal tentang  kuadrat dan pangkat tiga dan akarnya

20
Buku siswa
Tes


Tes



Tes


Tes





Tes








Tes


Kuis


Kuis



Kuis


Kuis





Kuis








Kuis

Uraian


Uraian



Uraian


Uraian





Uraian








Uraian

Berikan lima contoh bilangan

Suhu dalam almari es 50C di bawah nol dapat dinyatakan dengan……..

                                              
A = …  b =… c = …

-12 X (-19 + 8) = …





75 : (-5 X 5) = …








Hitunglah :
a. (-2)3
b.



Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt




·     Menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat.
·     Menemukan dan menggunakan sifat perkalian, pembagian dan perpangkatan bilangan bulat berpangkat untuk menyelesaikan masalah.








·   soal cerita yang berkaitan dengan perkalian, pembagian, dan pemangkatan.
·   Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan perpangkatan dan penarikan akar bilangan bulat
·   Simulasi dalam kehidupan sehari-hari (contoh membelanjakan uang)

·   Menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan operasi bilangan (  persegi ajaib, teka-teki silang, dsb) 
·   Menyelesaiakn soal-soal pemecahan masalah






Tes



UH




Kuis



Kuis



Uraian



Uraian



Hasil perkalian 8,3 X 8,7 terletak di antara … dan …


Pak ali akan membagi tanah seluas 1500 m2kepada 2 anak laki laki dan 1 anak perempuan. Setiap anak laki laki menerima 2 X anak perempuan. Berapa bagian masing masing?


1.2     Mengenal bilangan pecahan dan melakukan operasi bilangan pecahan.





·     Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran, decimal, persen dan permil.
·     Mengubah bentuk pecahan ke bentuk yang lain.
·     Mengurutkan peca-han dan menentukan letaknya pada garis bilangan.

·   Bilangan pecahan dan jenisnya.



Cara mengubah jenis pecahan.Mengurutkan pecahan dan menggambarkannya di garis bilangan
·   Identifikasi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
·   Pemodelan pecahan dengan benda konkrit
·   Simulasi cara mengubah pecahan


·   Menunjukkan letak pecahan pada garis bilangan
·   Mengurutkan beberapa pecahan

20

Tes





Tes


Tes
Kuis





Kuis


Kuis
Uraian





Uraian


Uraian
Dua roti dibagikan kepada 4 anak secara merata, masing masing memperoleh… bagian.


¾ = …%


urutkan pecahan berikut dari yang terkecil ke terbesar !
3/5 , 2/5 , 5/5 , 1/5







Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt

·     Menyelesaikan ope-rasi hitung: tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.

·     Menuliskan bilangan pecahan bentuk baku
·     Melakukan pembulatan bilangan pecahan sampai  satu atau dua decimal.
·     Menaksir hasil operasi hitung bilangan pecahan (*).

·   Operasi hitung pada pecahan






·   Bentuk baku





·   Menaksir hasil operasi hitung pada bilangan pecahan

·   Menunjukkan aturan penjumla-han, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan
·   Menyelesaikan operasi hitung dengan melibatkan pecahan
·   Menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan  kehidupan sehari-hari yang melibatkan pecahan
·   Mengubah pecahan ke dalam bentuk baku
·   Membulatkan pecahan dalam bentuk desimal sampai satu atau dua tempat desimal

·   Menyelesaikan operasi hitung  dengan menaksir











Tes








Tes

Tes



Tes





Kuis








Kuis

Kuis



Kuis
Uraian








Uraian

Uraian



Uraian
Uang Ali setengah uang Badu dan uang Ali sepertiga uang Candra. Jika jumlah uang mereka Rp 18.000,00 maka uang Ali = …, uang Badu = …, uang Candra = …


Ubah ke bentuk baku 1.200.000
Hitung : 72,15 X 25,75 (pembulatan sampai dua tempat desimal)

Panjang kolam 12,6 m dan lebarnya 4,8 m. Taksirlah lusa kolam tersebut ! (Dalam Bentuk bilangan bulat)

















Standar Kompetensi                : 2. Memahami dan dapat melakukan operasi bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable, himpunan serta dapat menggunakan dalam pemecahan        masalah.

Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
2.1  Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.
·     Menjelaskan pengertian suku, faktor, dan suku sejenis.

·     Menyelesaikan operasi hitung (tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat) suku sejenis dan tidak sejenis.


·      Menggunakan sifat perkalian bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal.
·     Operasi hitung suku-suku sejenis dan tidak sejenis







·        Menggunakan sifat perkalian

·         Menyelesaikan operasi hitung suku-suku sejenis dan tidak sejenis dengan bantuan model


·         Menyelesaikan operasi hitung suku-suku sejenis dan tidak sejenis.




·         Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan sifat perkalian bentuk aljabar.

8

Tes




Tes






Tes



Kuis




Kuis






Kuis

Lisan




Uraian






Uraian
Apa yang dimaksud dengan
a. Faktor
b. koefisien
c.  Variabel
dan beri contohnya!
Ayah membagi 24 lembu kepada anak anaknya. Anak pertama mendapat ½ bagian, anak II 1/3, dan anak III 1/8 bagian. Tentukan banyaknya lembu yang diterima masing masing anak!
Perusahaan makanan memberikan bantuan berupa 20 dus mie, 50 liter minyak, 9 ton beras. Jika harga mie Rp 15.000,00/dus, minyak Rp 3.000,00, dan 1 kg beras Rp 2.500,00. Berapa rupiah bantuan seluruhnya!
2.2.Menyelesaikan operasi bentuk pecahan aljabar.
·     Menyelesaikan operasi hitung (tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat) pecahan aljabar dengan penyebut satu suku.
·     Menyederhanakan hasil operasi pecahan aljabar.

·          Penjumlahan dan pengurangan pecahan


·     Perkalian dan pembagian pecahan
·   Menghitung penjumlahan dan pengurangan  dua pecahan aljabar Menghitung penjumlahan dan pengurangan  dua pecahan aljabar

·         Menghitung perkalian dan pembagian aljabar denga menggunakan lidi atau lingkaran dengan Koran

·            Mendiskripsikan cara menyeder-hanakan hasil operasi pecahan aljabar





Seleseaikan :
Sederhanakan


Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
2.3    Menggunakan operasi bentuk aljabar dalam kegiatan ekonomi.
·     Melakukan simulasi aritmetika social tentang kegiatan ekonomi sehari-hari.





·     Menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian.
·     Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, netto, pajak, bunga unggal dalam kegi-atan ekonomi.

Aritmatika sosial
·   Melakukan simulasi kegiatan jual beli yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari misal, harga, jual beli, untung dan rugi.
·   Dengan berkelompok siswa melakukan  perhitungan nilai kesuluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian.

·   Melakukan perhitungan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari missal, struk gaji, nota pembelian, faktur.
12
Buku Paket
Tes








Tes




Tes
Kuis








UH




UH
Uraian








Uraian




Uraian
Bila seorang pedagang buah membeli satu kuintal buah jeruk seharga Rp.450.000.,kemudian dijual seharga Rp. 5000,-per kg . Tentukan keuntungan keseluruan pedagang tersebut !

Kentungan dalam penjualan 1 lusin mainan adalah Rp. 6.000,- . Hitunglah keuntungan 7 buah maianan
 Suatu toko pakaian memberi rabat untuk suatu pembelian. Joni membeli baju dengan membayar Rp 60.000,00. Jika toko tersebut memberi rabat 10%, tentukan harga sebelum diberikan rabat!
















Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
2.4    Menggunakan sifat – sifat persamaan linear satu variable (PLSV).
·     Mengenal PLSV dalam berbagai ben-tuk dan variable.



·     Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, dan dibagi dengan bilangan yang sama.   
·     Menentukan akar penyelesaian PLSV.

·     Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan PLSV.

Persamaan dan peridaksamaan Linear satu Variabel.

·   Mengamati pemodelan PLSV dengan kotak dan benda lain dengan tinggi balok yang diketahui jika benda itu ditumpuk dengan balok dengan tinggi tertentu.
·   Melakukan kegiatan menambah atau mengurangi beban pada neraca atau timbangan.untuk memahami bentuk setara  dari PLSV


·   Menyelesaikan soal PLSV.


·   Menyelesaikan soal yang ber-kaitan dengan kehidupan sehari-hari tentang PLSV.


12
Buku Paket
















Tes





Tes






Tes


Tes


Kuis





Kuis






Kuis


Kuis
Uraian





Uraian






Uraian


Uraian
Berikan beberapa contoh PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel!



Tentukan nilai x dari persamaan berikut!
2x + 8 = 20.




Tentukan penyelesaian berikut ini!
5x – 4 = 3x + 8.
Ali membeli 4 buah mangga. Ia membayar dengan 1 lembar uang lima ribuan dan mendapat kembalian Rp 2.000,00. Berapa harga 1 buah mangga!














Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal No:
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt

2.5     Menggunakan sifat-sifat pertidaksamaan linear satu variable (PtLSV).





























·        Menyatakan dengan lisan dan tertulis kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan masalah pertidaksamaan.
·        Menggunakan notasi <, >, ≤, ≥.



·        Mengenal PtLSV dalam berbagai bentuk dan variable.


·        Menetukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, dan dibagi dengan bilangan yang sama
·     Menentukan penyelesaian PtLSV.

·     Menggunakan konsep PtLSV untuk menyelesaikan masalah (*).




Pertidaksamaan linear satu variable.



·   Menggunakan notasi <, >, £, ³.


·     Mengenal PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
·     Bentuk setara dari PtLSV




·     Menentukan penyelesaian PtLSV
·     Menggunakan konsep PtLSV
·      
·   Mendeskripsikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan PtLSV



·   Menyelesaikan soal yang menggunakan notasi ketidaksamaan


·   Mendeskripsikan PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel



·   Menentukan penyelesaikan PtLSV.





·     Mengerjakan soal tentang cara menentukan penyelesaian PtLSV

·     Menyelesaikan soal cerita tentang PtLSV
16

Tes





Tes




Tes




Tes






Tes



Tes
Kuis





Kuis




Kuis




UH






UH



UH
Lisan





Lisan




Lisan




Uraian






Uraian



Uraian
Beri contoh masalah yang terkait dengan pertidaksamaan!



Buat kalimat matematika dengan menggunakan tanda <, >, ≤, ≥. Sebuah mobil memuat paling banyak 50 orang (misal mobil = m)
Buat contoh PtLSV!




Selesaikan PtLSV berikut dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, dan dibagi dengan bilangan yang sama! 2x + 5 £ 13; x ÎC.

Tentukan penyelesaian PtLSV berikut!
3  + 5x ≥ 17; x ÎB.

Umur Amir tidak lebih dari 14 tahun. Jika sekarang Amir duduk di SMP berapa umur Amir yang mungkin?






Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal No:
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt

2.6    Menghitung factor gambar berskala.
·     Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.
·     Menghitung factor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

·     Pengertian skala


·     Menghitung factor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala
·     Mendiskripsikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan


·     Menyelesaikan soal tentang pembesaran dan pengecilan
3

Tes



Tes
UH



UH

Uraian



Uraian
Pada peta umumnya tertulis skala. Skala peta adalah ….


Jarak dua kota sebenarnya 100 km. 1 cm pada peta mewakili 40 km, jarak 2 kota tersebut  pada peta adalah …
2.7.   Menyelesaikan berbagai bentuk perbandingan.




·     Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga dan berbalik harga.





·     Menjelaskan hubungan perbandingan dan pecahan.

·   Perbandingan seharga dan berbalik harga.
Diberikan masalah tentang:
·     Banyak bensin dan jarak yang ditempuh.
·     Banyak ayam dan waktu habisnya persediaan makanan ayam.
·     Mendeskripsikan masalah sehari -hari yang berkaitan dengan perbandingan seharga dan ber-balik harga.
·     Mendeskripsikan hubungan per-bandingan dengan pecahan

11

Tes









Tes
Kuis









Kuis
Lisan









Lisan
Sebutkan contoh kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan :
a. perbandingan seharga
b. perbandingan berbalik harga




Dalam 1 minggu terdapat 7 hari. Ani sekolah selama 6 hari. Berapa bagian lama sekolah Ani selama 1 minggu  ?














Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal No:
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt



·     Menyelesaikan soal yang melibatkan pebandingan seharga dan berbalik harga.
·     Memecahkan masalah yang melibatkan perbandingan.



·     Menentukan cara menyelesaikan soal tentang perbandingan seharga dan berbalik harga.

·     Melakukan perhitungan suatu masalah yang melibatkan perbandingan.



Tes




Tes
Kuis




Kuis

Tertulis




Tertulis
Ani membeli sebuah pensil seharga Rp 1.200,00. Jika Tono membeli 5 pensil berapa rupiah yang harus dibayar Tono ?
Uang Ali berbanding uang Rudi adalah 5 : 2. Uang Rudi berbanding uang Susi 2 : 3. Jika uang Susi Rp 6.000,00 berapa unag Ali dan Rudi
2.8   Mengenal Himpunan

·     Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya.

·     Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan serta notasinya.

·     Mengenal himpunan berhingga dan tak berhingga.

Himpunan.
·     Pengertian himpunan

·     Menyatakan himpunan

·     Mendiskripsikan pengertian himpunan melalui contoh dan bukan contoh
·     Menyatakan himpunan dengan kata-kata, mendatar anggotanya
·     Mensimulasikan anggota dan bukan anggota himpunan melalui contoh serta notasinya


·     Mendiskripsikan pengertian himpunan berhingga dan tak berhigga melalui contoh
2


Tes




Tes




Tes


Kuis




Kuis




Kuis


Uraian




Uraian




Uraian


Sebutkan kumpulan dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan himpunan !


A Himpunan bilangan asli kelipatan 3. Apakah kalimat di bawah ini benar ?
a. 18 x ÎA.
b. 76 x ÎA.
Apakah himpunan bilangan kuadrat merupakan himpunan berhingga ? Jelaskan !












Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
2.9.   Menentukan himpunan bagian.
·     Membedakan himpunan kosong dan nol serta notasinya.
·     Menentukan himpunan bagian dan menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan.
·     Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya.
a.   himpunan  kosong

b.  himpunan bagian



c.  himpunan semesta
·   Mendiskripsikan himpunan kosong dan nol melalui contoh dan bukan contoh.
·   Mengidentifikasi pengertian himpunan bagian untuk menentukan banyaknya him-punan bagian dari suatu himpunan.
·   Mengidentifikasi himpunan semesta dengan menyebutkan contoh dan menyatakan anggota-anggotanya.
4

Tes


Tes




Tes

Kuis


Kuis




Kuis
Tertulis


Tertulis




Lisan







Bagaimanakah ciri-ciri himpunan kosong dan berilah contohnya!
Jika A={ 1, 2 } berapa banyaknya himpunan bagian dari A dansebutkan !


Sebutkan himpunan semesta yang mungkin dari himpunan A ={a,e,o,u} !
2.10  Menyatakan himpunan dengan diagram Venn.
·     Mengenal diagram Venn.

·     Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpu-nan.

·    Menentukan irisan dan gabungan dari dua himpunan.






a.  Diagram venn


b. Irisan dua himpunan

c. Gabungan dua himpunan
·   Membuat bangun persegi panjang dan kurva tertutup untuk menggambar diagram Venn
·   Mengidentifikasi pengertian irisan dan gabungan



·   Mendeskripsikan irian dan gabungan dua himpunan
5

Tes


Tes




Tes
Kuis


Kuis




Kuis
Tertulis


Tertulis




Tertulis
Gambar diagram dari A={1,3,5,7}, B={2,3,5,7} adalah …
Sebutkan pengertian irisan himpunan A dan B!



Gambar diagram dari himpunan berikut !
A={segitiga samakaki}
B={segitiga siku-siku}
Tentukan A B !
Tentukan A U B !


Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt


·         Menyajikan irisan dan gabungan dalam dia-gram Venn.
·         Menyelesaikan masalah yang menggu-nakan konsep him-punan (*).



·         Mensimulasikan tentang irisan dan gabungan dua himpunan diagram venn
·         Menyelesaikan soal cerita dalam kehidupan sehari - hari menggunakan konsep himpu-nan



Tes

Kuis

   Tertulis
Dari sekelompok siswa yang terdiri dari 40 orang, 20 orang suka menyanyi, 22 suka menari, dan 7 suka keduanya.
a.  Gambar diagram Venn keterangan di atas !
b.  Berapa siswa yang tidak suka menyanyi ?


GEOMETRI DAN PENGUKURAN
Standar Kompetensi                    : 3. Mengidentifikasi garis, sudut, dan bangun datar serta dapat menentukan besaran-besaran yang ada di dalamnya.

Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
3.1    Mengukur besar sudut, menentukan jenis sudut dan menggambar sudut.
·     Mengenal satuan sudut yang sering digunakan.

·     menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan satuan sudut.
·     Menggambar dan memberi nama sudut.

·         Garis dan sudut
·         Membaca skala pada    busur derajad

·         Menghitung penjumlahan dan pengurangan yang melibatkan satuan sudut


·         Dengan menggunakan busur derajad untuk menggambar / membuat suatu sudut dengan besar tertentu.

17

Tes


Tes




Tes
Kuis


Kuis




Kuis
Jawaban singkat

Isian singkat



Unjuk kerja
Sebutkan satuan-satuan sudut yang sering digunakan!

Hitunglah !
20 31 811 + 40 51 1311



Gambarlah sudut ABC yang besarnya 600







Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt

·          Mengukur besar sudut dengan busur derajat.


·     Melukis sudut yang besarnya sama dengan yang diketahui dengan menggunakan alat.
·     Membagi sudut menjadi dua sama besar.
·     Melukis sudut 30º, 45º, 60º, 90º, 150º, 180º, 270º dan 360º.

·     Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul) melalui benda konkret.



·     Menentukan sudut berpelurus dan berpenyiku.





·         Melukis sudut.









·         Jenis-jenis sudut.





·         Hubungan antar sudut.
·         Dengan menggunakan busur derajat untuk mengukur besar sudut.


·         Dengan menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut yang ukurannya sudah diketahui
·         Membagi sudut menjadi dua sama besar dengan menggunakan jangka
·        Dengan menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut 30º, 45º, 60º, 90º, 150º, 180º, 270º dan 360º.
·         Mendiskripsikan benda kongkrit, misal : daun pintu, kipas lipat, sudut pada kepala baut, rambu lalu lintas berbentuk segitiga pengaman,
·         Bukan kongkrit : menggunakan gambar.
·         Mengamati sudut yang berpelurus dan berpenyiku, misalnya dengan mengamati kuda-kuda bangunan rumah


Tes



Tes



Tes


Tes



Tes







Tes
Kuis



Kuis



Kuis


Kuis



Kuis







Kuis
Unjuk kerja


Unjuk kerja


Unjuk kerja

Unjuk kerja


Isian singkat






Isian singkat
Tentukan besar sudut ABC berikut !


 

B
Salin gambar sudut ABC di atas pada kertas polos !


Bagilah sudut ABC di atas menjadi dua bagian yang sama besar !
Lukislah sudut 600 dengan menggunakan jangka !


Termasuk sudut apakah sudut ABC di atas ?






Tentukan pelurus sudut 1250
                                                                                                                                                                                                                                                        













Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
3.2    Membagi garis dan menentukan kedudukan dua garis.
·     Membagi garis menjadi n sama panjang.


·     Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berpotongan, berimpit, bersilangan) melalui benda konkret.
·     Mengenal dan membuat garis-garis horizontal dan vertical.




·     Mengenal bahwa melalui sebuah titik diluar garis dapat ditarik tepat satu garis sejajar garis tersebut.

·         Membagi garis



·         Kedudukan dua garis



·         Garis vertical dan garis horisontal



·         Garis-garis sejajar
·         Membagi ruas garis dengan menggunakan jangka.



·         Mendeskripsikan pendapat tentang kedudukan dua garis.



·         Meletakkan (memasang) suatu benda (balok) dalam posisi vertical dengan alat benang dan bandul.
·         Meletakkan (memasang) suatu benda (balok) dalam posisi horizontal dengan water pas
·         Dengan menggunakan papan berpaku dengan karet gelang berwarna dapat membuat garis yang ditarik dari satu paku dan sejajar garis lain.
5

Non tes



Tes




Non tes





Non tes

Tugas




Kuis




Tugas






Tugas
Pruduk




Isian




Produk






Produk
Gambarlah sembarang ruas garis kemudian garis tersebut menjadi dua bagian sama panjang dengan menggunakan jangka!
Berilah contoh dua garis sejajar di dalam ruang kelasmu!


Gambarlah dua garis yang vertikal dan horisontal yang saling berpotongan !




Lukislah sebuah garis melalui titik T di luar garis L yang sejajar garis L!






                                                                                                                                                                       






Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
3.3    Menemukan sifat-sifat garis dan sudut.
·     Menemukan sifat sudut jika dua garis dipotong garis ketiga.




·     Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal.

·     Menghitung panjang segmen garis yang diketahui perbandingan dan panjang keseluruhan (*).

·         Sudut-sudut yang terjadi jika dua garis // dipotong oleh garis lain.
·         Perbandingan segmen garis.


·         Membagi garis dengan perbandingan tertentu.
·         Perbandingan segmen garis.

·         Mendemonstrasikan menggunakan tiga buah penggaris panjang yang salah satu penggaris dipotong pada dua buah penggaris tadi, sehingga menampakkan sifat sudut yang terbentuk
·         Mendiskusikan penggunaan sifat-sifat sudut dan garis dalam menyelesaikan soal.


·         Mendemonstrasikan membagi garis menjadi n bagian sama panjang dengan melukis.

·         Mendemonstrasikan membagi garis dengan perbandingan tertentu.

8

Tes






Tes




Tes
Kuis






Kuis




Kuis

Uraian






Isian singkat



Uraian
Gambarlah dua garis yang sejajar dan dipotong oleh sebuah garis lain, kemudian tentukan dua pasang sudut dalam berseberangan !


Tentukan besar sudut A dan B daari gambar berikut !



Gambarlah sebuah garis AB, kemudian bagilah menjadi 3 bagian yang sama panjang !
3.4   Menemukan sifat dan menghitung besaran-besaran segi empat.
·     Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi panjang, belah ketupat, persegi, trapezium dan layang-layang menurut sifatnya.
·     Menjelaskan sifat-sifat segiempat ditinjau dari diagonal, sisi dan sudutnya.

·     Menurunkan dan menghitung rumus keliling dan luas segiempat.

·         Segitiga dan segiempat.





·         Pengertian dan sifat-sifat bangun datar.
·         Mengidentifikasi bangun-bangun segi empat dengan gambar atau Blok Logika




·         Mendemonstrasikan cara menempati bingkai pada bangun segi empat sehingga menunjukkan sifat-sifat bangun segi empat
·         Mengukur tepi taman untuk menurunkan rumus keliling bangun segi 4
·         Mendemonstrasikan dengan persegi satuan untuk menurunkan luas bangun segi 4.
15

Tes






Tes




Tes
Kuis






Kuis




UH
Uraian






Uraian




Uraian
Jelaskan pengertian segi-4 berdasarkan sifat-sifaatnya !





Tuliskan dan kelompokkan bangun segi-4 berdasarkan sifat-sifatnya !


Hitunglah keliling bangun berikut !

Kompetensi Dasar
Indikator
Uraian Materi
Pengalaman Belajar
Alokasi Waktu
Sumber bahan
Penilaian
Contoh soal
Jns Tg
Tknk
Bentuk Instrumt
3.5    Mengenali sifat-sifat dan melukis segi tiga.
·     Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi atau sudutnya.





·     Menemukan jenis segi-tiga berdasarkan sifat-sifatnya
·     Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.


·     Melukis segitiga sama-kaki dan samasisi dengan jangka dan penggaris.

Segitiga dan segiempat







·         Jenis-jenis segitiga dan sifat-sifat
·     Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu.
·         Melukis segi-tiga

·         Menyebutkan masalah tentang jenis segitiga berda-sarkan panjang sisin-ya dan sudutnya.





·         Mengidentifikasi jenis – jenis segitiga berdasarkan sifat – sifatnya
·         Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis garis tinggi, garis bagi dan garis sumbu

·         Melukis bermacam-macam segi segitiga dengan jangka dan penggaris

15

Tes








Tes


Tes




Tes
Kuis








Kuis


Tugas




Kuis

Objektif








Uraian


Uraian




Unjuk kerja
Sebuah segitiga dikatkan siku-siku jika ;
a.   salah satu sudutnya siku-siku
b.   dua sudtnya siku-siku
c.    ketiga sudutnya siku-siku
d.   jumlah ketiga sudutnya 1800
Jika besar ketiga sudut suatu segitiga sama besar maka segitiga tersebut adalah…
Diketahui segitiga ABC tumpul. Lukis garis berat yang ditarik dari titik A!


Lukis segitiga samakaki dengan menggunakan jangka!

3.6    Menghitung besaran-besaran segitiga.
·     Menunjukkan bahwa jumlah sudut segitiga adalah 180º.
·     Menyelesaikan soal mengenai sudut dalam segitiga.
·     Menggunakan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga dalam pemecahan soal.

·     Menghitung keliling dan luas segitiga.

·         Jumlah sudut sudut segitiga

·         Hubungan antara sudut dalam dan sudut luar




·         Keliling dan luas segitiga
·         Mendemonstrasikan dengan memotong ketiga sudut pada model segitiga
·         Mendiskusikan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga

·         Menyelesaikan soal yang berkaitan dengan hubungan sudut dalam dan sudut luar segitiga.
·         Menyelesaikan soal tentang  keliling dan luas segitiga

13

Non Tes

Tes



Tes



Tes
Tugas kelompok
UH



Kuis



Kuis

Uraian


Uraian



Uraian



Uraian

Tunjukkan bahwa jumlah sudut sudut sebuah segitiga adalah 1800 !
Besar sebuah sudut segitiga siku-siku adalah 600, maka besar sudut yang ketiga adalah …
Dari gambar berikut besar sudut BCD adalah …


Pada segitiga PQR, RS tegak lurus PQ. PQ 12 cm, PR 10 cm, dan RS 8 cm. Luas segitiga PQR adalah …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar