RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri 25 merangin
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengenali bentuk aljbar dan unsur-unsurnya.
Indikator : 1. Menentukan konstanta dan variabel suatu bentuk aljabar.
2. Memahami pengertian suku dan faktor pada suatu bentuk aljabar.
3. Memahami pengertian suku-suku sejenis.
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (2 pertemuan)
- Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menentukan konstanta dan variabel pada suatu bentuk aljabar.
- Siswa dapat menentukan suku dan faktor pada suatu bentuk aljabar.
- Siswa dapat menyebutkan suku-suku yang sejenis dengan suatu suku tertentu.
- Materi Ajar
- Bentuk aljabar
- Metode Pembelajaran
- Diskusi kelompok, tanya jawab
- Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
· Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali tentang konsep perkalin.
Motivasi : Apabila mteri ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.
· Kegiatan Inti
a. Guru memberikan contoh suatu permasalahan yang dapat diubah menjadi bentuk aljabar untuk didiskusikan.
b. Dari hasil hang didapat siswa, guru membimbing untuk memahami pengertian-pegertian : konstanta, variabel, suku, faktor, dan suku sejenis.
c. Siswa mengerjakan soal-soal latihan.
· Penutup
a. Dengan bimbingan guru siswa diminta melakukan refleksi.
b. Guru memberikan tugas (PR)
E. Alat dan sumber belajar.
Buku teks.
- Penilaian.
Teknik penilaian : test.
Bentuk instrumen : Pertanyaan tertullis dan lisan.
Instrumen.
1. Tentukan konstanta dan variabel dari bentuk 3x +6
2. Dari bentuk-bentuk berikut tentukanlah suku dan faktornya.
a. 3x b. 4(x – 5)
3. Kelompokkan menurut suku-suku yang sejenis dari : 2x, 3x2, xy, -2xy, x2, xy2.
Mengetahui, ..............,................2006
Kepala sekolah .......... Guru Bidang Study
SAHARDI Mukhlis Irwan Sony
Tidak ada komentar:
Posting Komentar