Kamis, 31 Maret 2011

RPP MTK KELAS VII SMT I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                        : SMP Negeri 25 merangin
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester            :  VII/1


Standar Kompetensi     : 2.   Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.

Kompetensi Dasar        : 2.1.   Mengenali bentuk aljbar dan unsur-unsurnya.
Indikator                      :  1.   Menentukan konstanta dan variabel suatu bentuk aljabar.
                                       2.   Memahami pengertian suku dan faktor pada suatu bentuk aljabar.
                                       3.   Memahami pengertian suku-suku sejenis.

Alokasi Waktu             :  2 x 40 menit (2 pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Siswa dapat menentukan konstanta dan variabel pada suatu  bentuk aljabar.
    2. Siswa dapat menentukan suku dan faktor pada suatu bentuk aljabar.
    3. Siswa dapat menyebutkan suku-suku yang sejenis dengan suatu suku tertentu.

  1.  Materi Ajar
    1. Bentuk aljabar

  1. Metode Pembelajaran
    1. Diskusi kelompok, tanya jawab

  1. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan pertama
·        Pendahuluan
Apersepsi      :  Mengingat kembali tentang konsep perkalin.
Motivasi        : Apabila mteri ini dikuasai dengan baik maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari.



·        Kegiatan Inti
a.     Guru memberikan contoh suatu permasalahan yang dapat diubah menjadi bentuk  aljabar untuk didiskusikan.
b.    Dari hasil hang didapat siswa, guru membimbing untuk memahami pengertian-pegertian : konstanta, variabel, suku, faktor, dan suku sejenis.
c.     Siswa mengerjakan soal-soal latihan.
·        Penutup
a.     Dengan bimbingan guru siswa diminta melakukan refleksi.
b.    Guru memberikan tugas (PR)

E. Alat dan sumber belajar.
     Buku teks.

  1. Penilaian.
Teknik penilaian    : test.
Bentuk instrumen   : Pertanyaan tertullis dan lisan.
Instrumen.
1. Tentukan konstanta dan variabel dari bentuk 3x +6
2. Dari bentuk-bentuk berikut tentukanlah suku dan faktornya.
    a. 3x              b. 4(x – 5)
3. Kelompokkan menurut suku-suku yang sejenis dari : 2x, 3x2, xy, -2xy, x2, xy2.


Mengetahui,                                                      ..............,................2006
Kepala sekolah ..........                                      Guru Bidang Study



SAHARDI                                                       Mukhlis Irwan Sony



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar